Seni Budaya

Upacara Pataheri,Tari Lenso Dan Gula Saparua Di Tetapkan Sebagai Warisan Budaya Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Pada 2018 kemarin telah di sertifikatkan 3 Karya Budaya Takbenda asal Maluku oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI lewat Dirjen  Kebudayaan.

Tiga Warisan Budaya Takbenda itu antara lain,Upacara Pataheri,Tari Lenso dan Gula Saparua.hal ini merupakan usul dari Pemerintah Provinsi Maluku lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ,dari sekian banyak yang di usulkan hanya 3 warisan budaya yang berhasil mendapatkan sertifikat.

Seperti yang di sampaikan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Ambon Drs.Rusli Manorak kepada N25NEWS.COM saat di wawancarai di ruangannya belum lama ini.

“3 Warisan Budaya tak benda ini di usulkan ke pusat lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,direktur Kebudayaan di sana di periksa oleh tim ahli penetapan warisan budaya takbenda dan telah di tetapkan 3 warisan budaya takbenda asal Maluku, Upacara Pataheri,Tari Lenso dan Gula Saparua dan ini harus di lestarikan,”ungkap Manorak.

Setelah di sertifikat maka langkah selanjutnya menurut Kepala BPNB Ambon ini,adalah  melestarikannya, Ini suatu kebanggaan bagi orang Maluku dan ini harus tiap tahun  di usulkan dan dalam  BPNB  selalu membantu menyiapkan,mendata baik dari sisi akademis maupun perekaman-perekamannya.

Kedepan Ia berharap untuk generasi muda Maluku agar tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan karena  kebudayaan itu merupakan jati diri bangsa.Karya dan etika tergambar dari situ, karena ada nilai-nilai yang perlu di angkat dengan mencintai  budaya berarti juga mencintai jati diri kita.

“Selain itu untuk media massa saya berharap agar selalu menyelipkan berita-berita tentang budaya Maluku sehingga generasi sekarang ini tidak melupakan budaya-budaya yang ada,”kata Kepala BPNB Ambon Rusli Manorak mengakhiri wawancaranya.

Editor   : Redaksi

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbmaluku/

 

Comment here