Pariwisata Ambon

Pantai Mataru Amahusu , Destinasi Wisata Baru di Kota Ambon

N25NEWS.COM – Setelahpantai Namalatu, Santai Bech dan Pintu Kota, satu lagi destinasi wisata baru mulai diperkenalkan dan dipromosikan Ambon Sailing Communtiy (ASC) yaitu Pantai Mataru yang berlolasi di Negeri Amahusu Kecamatan Nusamiwe

Meskipun masih dalam proses pembenahan dan penataan struktur pantai, namum yang diharapkan bisa menjadi objek wisata berikutnya dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai Mataru merupakan sebuah pantai yang berpasir dan berbatuan dengan pinggiran berupa talud mudah dijangkau lantaran dekat dengan pusat Kota Ambom

Dari lokasi parkir menuju pantai dekat dengan jalan raya, ibarat pantai Natsepa, sehingga pengunjung maupun wisatawan yang datang dengan mudah menemukan lokasi pantai tersebut.

Kendati belum banyak yang mengetahui keberadaan Pantai Mataru, namun lokasi pantai tersebut sudah beberapa kali dikunjungi wisatawan asing, hal itu dibuktikan dengan terdapat tanaman anakan pohom yang ditanam disekitar pantai tersebut.

Oleh sebab itu, perlunya ada campur tangan dari Pemerintah Provinsi maupun Pemkot Ambon melalui Dinas Pariwisata sehingga objek wisatata Pantai Mataru akan lebih tertatah dengan baik.

Kehadiran Pantai Mataru juga tidak secara langsung akan menambah ekonomi warga disekitar atas hidangan kuliner maupun yang berprofesi sebagai tukang ojek.

Pencetus sekaligus Ketua lembaga ASC Niko Tulalessy yang ditemui dilokasi pantai tersebut, Minggu(3/3/2019) menuturkan, lingkungan pantai selalu terlebih dulu terjaga kebersihannya, dimana tempat ini akan dipromosikan sebagai destinasi wisata baru di Negeri Amahusu, bahkan dari pengunjung yang datang, diajak untuk berfoto-foto dan membagikan di media sosial agar banyak yang melihat dan tahu dengan tempat ini, bahkan tak tanggung-tanggung mereka secara sukarela mengambil sampah yang bertebaran disepanjang pantai.

“Sebenarnya sampah yang ada bukan dari warga Amahusu, tetapi sampah dari luar yang terbawa air laut, karena warga dan Pemerintah Negeri sangat mendukung pantai mereka dijadikan objek wisata,”tandas Tulalessy.

Diakuinya, lewat ASC pihaknya sudah melakukan promosi dengan mendatangkan toris asing  dari beberapa negara, bahkan para toris juga menginginkan pantai Mataru dapat dikembangkan sebagai objek wisata yang memiliki ciri khan tersendiri dari pantai-pantai wisata yang ada di Kota Ambon.

Dia berharap jika pantai tersebut sudah berjalan dengan baik, ada dukungan dari investor untuk lebih mengembanhkan pantai yang sesuai kebutuhan satu pantai wisata.

Namun untuk tetap aktifitas pantai tetap jalan akan dikondisikan dengan yang ada tinggal menambah kamar mandi  dan kios untuk jualan kuliner bagi ibu-ibu yang ada disekitar lokasi pantai.

Bakan dalam pengembangan jangka panjang pantai tersebut akan dijadikan sebagai objek wisata selling dengan corak tradisional. Bukan saja itu dalam lokasi pantai juga akan menampilkan pusat belajar musik tradisional totobang  dan cukulele.

“Ia memang belum ada investor, tapi ada pungasaha dari Amahusu sendiri yang akan investasi untuk kembangkan objek pantai Mataru,”ujarnya.

Sementara menurut tanggapan Lider Sefen Six Engliah Club Pricilia Mustamu, bahwa bagi dirinya lokasi pantai Mataru sangat memiliki potensi sebagai objel wisata.Namun harus masih membutuhkan pembenahan, sehingga lokasinya lebih menarik untuk dikunjungi.

“Memang beta perna berkoordinasi dengan bpk Niko untuk melakukan pembangunan agar menjadi tempat wisata yang lebih bagus, apalagi berbagai toris yang datang selalu berpusat disini,”ungkapnya.

Selain stragis lokasi Pantai Mataru tidak jauh dari pusat Kota Ambon, kalau dibandingkan dengan objek wisata lainnya, sebab aksesnya lebih dekat

Reporter : Gali M

Editor  : Redaksi

Comment here